Selasa, 24 April 2012

METROPOLITAN & WIDE AREA NETWORK

Metropolitan Area Network dan Wide Area Network hampir sama dengan Local Area Network yang sudah di bahas di postingan sebelumnya. Cuman yang membedakannya adalah jangkauan areanya.

Metropolitan Area Network

Metropolitan area network atau yang biasa disebut MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang lebih besar. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada, seperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh LAN dari kota A dihubungkan dengan LAN di kota B. Sehingga bisa membentuk jaringan antar kota. Jaringan ini biasanya berjarak radius 10- 50 km

Contoh gambar jaringan MAN:

Wide Area Network
Wide Area Network atau yang biasa disebut WAN adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki jarak jangkauan yang luas. Jaringan ini biasanya menghubungkan antar negara bahkan hingga antar benua. Jaringan WAN dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. Topologi yang digunakan WAN menggunakan topologi tak menentu sesuai dengan apa yang akan digunakan. Topologi Jaringan (Bentuk Jaringan) Topologi Jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan, yang meliputi server, workstation, hub/Switch dan pengkabelannnya.

Contoh gambar jaringan WAN:

1 komentar:

Tinggalkan komentar yang baik dan sopan, terima kasih :)